Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 17 September 2014

10 Cara Pengobatan Alami untuk Luka Bakar Ringan


KaBeIn, Bagi wanita memasak bisa saja menyenangkan bahkan bisa menjadi terapi. Tapi proses memasak tidak cuma menghasilkan masakan yang enak, tapi juga menghasilkan luka bakar pada jari Anda jika tidak berhati-hati pada api.

Teh dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan (photo: shutterstock)

Bukan hanya memasak saja, jika kita bermain dengan api tentu resikonya akan terkena api juga. Tapi jangan kawatir, jika hanya luka bakar ringan, Anda bisa terapkan metode dibawah ini untuk penyembuhannya:

1. Kentang mentah
Kentang mentah memiliki sifat anti inflamasi dan dapat menyehatkan kulit. Dalam kasus luka bakar, menekan kentang mentah bisa mengurangi rasa sakit dan juga mencegah kulit dari lecet.

2. Dengan air dingin
Jika tiba-tiba jari Anda terbakar, nyalakan keran air dan tempatkan jari Anda pada  air yang mengalir selama beberapa menit. Ini akan membantu mencegah luka bakar terus menyebar. Anda juga dapat melakukan kompres dingin pada daerah yang terkena.

3. Aloe vera (lidah buaya)
Oleskan beberapa gel lidah buaya pada luka bakar untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Madu
Madu memiliki kekuatan disinfektan yang besar dan juga dapat membantu dalam penyembuhan luka bakar. Terapkan madu dengan jumlah cukup pada daerah yang terbakar. Ini akan menarik cairan dari jaringan sekitarnya dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan obat yang efektif untuk luka bakar ringan pada jari. Minyak ini kaya akan asam lemak seperti asam miristat, asam laurat, asam kaprat dan juga vitamin E, yang mempunyai sifat anti bakteri, anti jamur dan anti oksidasi. Semua sifat ini dapat meringankan daerah yang terbakar secara efektif.

6 Jus lemon
Jus lemon, seperti halnya minyak kelapa, efektif dalam mengobati luka bakar tingkat pertama. Jus lemon memiliki sifat asam, yang membantu dalam meringankan bekas luka luka bakar juga.

7. Teh hitam celup
Teh hitam mengandung tannin, yang menarik panas dari daerah yang terbakar dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat menempatkan kantong teh basah dan dingin pada daerah yang terbakar dan tahan  beberapa saat untuk mempercepat proses penyembihan

8. Daun pisang
Daun Pisang memiliki anti mikroba, anti inflamasi, anti hemoragik dan sifat ekspektoran di dalamnya. Tidak heran bahwa daun ini dikenal sebagai salah satu solusi yang paling populer untuk penyembuhan jari terbakar.

9. Jus bawang
Bawang diketahui mengandung sejumlah 'kebaikan' bahan kimia seperti quercetin dan sulfur. Menggunakan jus bawang pada jari terbakar dapat menyembuhkan luka bakar dan juga membantu dalam proses penyembuhan.

10. Cuka
Cuka mengandung sifat antiseptik dan zat yang dapat mencegah infeksi lebih lanjut dari areal yang terbakar. Pastikan untuk mencairkan cuka menggunakan air dengan jumlah yang sama

Ingat bahwa obat yang disebutkan di atas adalah untuk mengobati luka bakar tingkat pertama saja, atau luka bakar ringan. Jika luka bakar Anda tenyata parah segeralah ke dokter.
(sumber: stylecraze.com)