Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 17 September 2014

10 Cara Alami Menyembuhkan Sengatan Lebah yang Telah Terbukti


KaBeIn, Sangat dianjurkan untuk menjauhi lebah! Sengatan lebah bisa menimbulkan rasa sakit, gatal, bengkak bahkan keracunan! Jika Anda terlanjur tersengat lebah, maka lakukan hal ini lebih dulu;

Sebelum mengobati sengatan lebah, pastikan cabut lebih dulu stinger lebah yang tertinggal di kulit
Ketika lebah menyengat, mereka selalu meninggalkan stinger (alat penyengat) pada kulit kita. Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera cabut penyengat tersebut sebelum tertekan ke dalam. Setelah stinger berhasil anda lepaskan, anda tinggal menghadapai rasa sakit, pembengkakan dan gatal-gatal. Jangan khawatir lakukan salah satu cara dibawah ini mengobati efek sengatan lebah:

1. Menggunakan es
Ini adalah obat yang paling umum untuk sengatan lebah. Bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada daerah yang terkena selama setidaknya 20 menit. Ini akan mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit.

2. Baking soda
Sebuah sengatan lebah mengandung asam format di dalamnya. Untuk menetralkan asam ini dan menghilangkan efek samping nya, anda bisa meracik pasta menggunakan baking soda dengan sedikit air. Oleskan dan diamkan selama 30-45 menit.

3. Pasta gigi
Pasta gigi telah terbukti mengobati sengatan lebah. Oleskan pasta gigi langsung pada daerah yang terkena dan biarkan selama setengah jam.

4. Lumpur
Kedengarannya tidak higienis? Tapi ini ampuh! Campur lumpur dengan air dan oleskan di daerah yang terkena. Ini  untuk mengangkat stinger keluar dan mengurangi pembengkakan.

5. Bawang merah
Bawang juga merupakan salah satu obat yang paling efektif untuk sengatan lebah. Taruh sepotong bawang mentah pada daerah yang terkena selama setidaknya satu jam. Walaupun akan meninggalkan bau bawang yang khas tapi ini akan mengurangi rasa sakit Anda.

6. Minyak lavender
Teteskan minyak lavender di tempat yang terkena untuk meringankan rasa sakit dan mengobati sengatan. Jangan menggosok pada seluruh daerah, hanya pada yang terkena sengatan saja.

7. Lidah buaya
Terapkan gel lidah buaya langsung pada daerah yang terkena dan biarkan selama setidaknya satu jam.
(Baca juga: Inilah Manfaat Kunyit untuk Kesehatan)

8. Papaya
Gosokkan pepaya pada daerah yang terkena dan biarkan selama setidaknya 1 jam. Ini akan meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

9. Minyak mustard
Olekan sedikit minyak mustard di tempat yang terkena untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

10. Madu
Madu dikenal karena mempunyai sifat anti-bakteri. Ini adalah salah satu pengobatan untuk sengatan lebah paling kuno, dan tentunya sudah terbukti. Oleskan madu pada daerah yang terasa sakit untuk mencegah infeksi.

Dari semua cara diatas, banyak yang mengatakan kalau madu-lah pengobatan terhadap sengatan lebah yang paling efektif, bagaimana dengan pendapat Anda?